Review blog: jalantikus.com

Ketika mendengar kata “jalan tikus” orang mungkin akan berpikir bahwa kita sedang membicarakan sebuah pilihan jalan alternatif. Sebuah pilihan yang menjanjikan kecepatan, kenyamanan dan juga keamanan. Mungkin, demikian filosofi yang dipakai oleh jalantikus.com. Sebuah portal teknologi online berbahasa Indonesia yang menawarkan beragam konten menarik kepada pembacanya.

Tak berlebihan rasanya jika jalantikus.com mengusung tagline “Solusi Lengkap Download, Informasi Teknologi dan Gadget”. Website ini menjadikan legalitas dan keamanan download software sebagai jaminan. Tak hanya itu, ulasan mengenai informasi teknologi pun senantiasa up to date. Bagi pengunjung tentunya akan mendapat banyak manfaat dari website ini. Mulai dari software aplikasi, game, tips dan informasi seputar gadget. One stop solution-lah pokoknya.

Dari sisi tampilan website ini sangat meriah. Ada menu dropdown yang menyajikan shortcut atau link ke tulisan unggulan yang tersusun rapi ke dalam tema masing-masing: software, games, tips & trik, gokil, gadget & tech news. Ada juga link ke tulisan unggulan yang ditampilkan dalam bentuk slide. Ini sangat eye-catching. Bahkan, untuk tulisan yang sedang naik daun mendapat porsi tempat tersendiri meski sudah ada widget yang menyajikan tulisan terpopuler. Sangat meriah.

home-jalantikus

Jalantikus.com mudah diakses. Baik lewat PC atau lewat gadget. Oh iya, jalantikus.com adalah website yang pertama di Indonesia yang menerapkan fitur progressive web app (PWA) lho.. Dengan PWA ini, dapat dihadirkan sebuah fitur serta pengalaman terbaik pada mobile web, dan tentunya dengan tampilan dan fitur yang hampir sama dengan aplikasi mobile, meskipun pada hakikatnya PWA adalah sebuah website biasa.

screenshot_2016-12-06-22-51-09

Tampilan PWA

screenshot_2016-12-06-22-52-13

Tampilan tanpa PWA

Nah, sekarang pertanyaanya mengapa untuk urusan download software pilihannya adalah jalantikus.com?

Yang pertama, download di jalantikus.com itu cepat. Dalam artian kita langsung mendapatkan link yang begitu kita klik langsung menuju TKP. Tunggu 5 detik, unduhan langsung berjalan. Cepat yang kedua dari sisi kecepatan downloadnya. Memang saya tidak punya catatan angka pasti. Akan tetapi saya hanya butuh waktu kurang dari 1 menit untuk mengunduh file sebesar 17 MB. Bagi saya ini cepat.

jalantikus

Yang kedua, aplikasi yang ada di jalantikus.com semuanya legal. Cukup jelas ya..

Yang ketiga, software yang diunduh di jalantikus.com aman dari virus dan malware. Kabarnya nih, jalantikus.com selalu melakukan scanning terlebih dahulu melalui 3 antivirus (AVG, Avast dan Kaspersky) sekaligus sebelum menerbitkan software. Keren.

Saya mencoba membandingkan download di jalantikus.com dengan di situs lain.

Sebagaimana saya sampaikan sebelumnya bahwa download di jalantikus.com itu tidak ribet. Kita langsung dapat link yang membawa kita menuju ke TKP. Sementara itu, pengalaman di situs lain, saya dibuat bingung saat mencoba mendownload salah satu aplikasi. Sebab, ketika link yang diberikan saya klik yang terjadi adalah saya di re-direct ke situs lain yang intinya iklan. Dan, hal ini tidak hanya terjadi satu kali. Kadang sampai 3 kali. Atau, kalo tidak, begitu link yang ada diklik akan muncul 3 halaman re-direct sekaligus. Belum lagi, ketika sampai pada link yang dituju ternyata file sudah tidak tersedia. Ini sangat menjengkelkan. Di jalantikus.com hal seperti ini tidak terjadi.

Lalu, apa keunggulan lain jalantikus.com?

Keunggulan jalantikus.com terlihat dalam keseriusannya membangun sebuah portal teknologi. Kecepatan download yang didapat pengunjung pastilah disebabkan karena jalantikus.com memiliki server sendiri. Harus diakui, hal ini sulit ditandingi oleh pesaingnya di tanah air.

Kebijakan dalam hal iklan menurut saya masih dalam batas wajar. Ini yang membuat pengunjung seperti saya nyaman berselancar di jalantikus.com. Tidak seperti situs lain yang ketika kita mau download halamannya dipenuhi dengan tulisan atau gambar “download” dimana-mana yang ujung-ujungnya jebakan.

Apakah jalantikus.com punya kekurangan?

Tidak ada gading yang tak retak. Begitu kata pepatah. Sesempurna-sempurnya jalantikus.com dibangun pasti menyisakan kekurangan. Dan menurut saya letak kekurangan itu ada di desain. Jujur saja, dari desain saat ini saya melihat jalantikus.com mencoba mem-blow-up semua materi. Ya software-nya. Ya informasi teknologinya. Ya ulasan seputar gadget-nya. Masing-masing seperti sedang berlomba mencari perhatian pengunjung. Saya yakin, maksudnya baik. Agar pengunjung bisa mencicipi semua menu. Akan tetapi, hal ini justru membuat brand yang ingin disematkan pada jalantikus.com menjadi tidak jelas. Situs download aplikasikah? Atau, situs informasi teknologi dan gadgetkah? Karena hemat saya keduanya semestinya berada di ruang yang berbeda. Atau, mungkin akan lebih bijaksana apabila yang satu mendukung yang lain.

Advertisements

Tags: , ,

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


%d bloggers like this: