Hikmah Tirakatan HUT RI Ke-71

Tadi malam, kampung tempat saya tinggal mengadakan kegiatan malam tirakatan. Kegiatan ini dimaksudkan sebagai bentuk rasa syukur kami atas karunia Allah Subhanahu wa ta’ala berupa kemerdekaan, 71 tahun silam. Juga sebagai bentuk terima kasih kami kepada para pejuang kemerdekaan yang tidak pernah bisa kami sampaikan secara langsung.

Di salah satu acara malam tirakatan tadi malam dihadirkan seorang veteran tentara. Beliau bernama bapak Sugito. Usianya saya perkirakan sekitar 90-an. Meski sepuh beliau masih terlihat tangguh.

Pak Sugito bercerita bagaimana dahulu Indonesia berjuang melawan penjajah. Senjata yang digunakan adalah bambu runcing. Padahal, si penjajah (Belanda dan Jepang) saat itu sudah menggunakan senjata modern. Senjata api.

Beliau juga menyampaikan bagaimana dahulu tentara Indonesia mendapatkan senjata api dari Jepang: Waktu itu Nagasaki dan Hiroshima di bom. Sehingga Jepang akhirnya menyerah. Lalu pasukan Jepang dipulangkan dengan naik kereta api. Akan tetapi, pasukan Jepang tidak diperbolehkan membawa senjatanya ke dalam gerbong. Senjata itu dikumpulkan ke dalam gerbong yang paling belakang. Dan, ketika kereta berjalan, gerbong paling belakang ini diputus. Sehingga tentara Jepang pulang tanpa senjata. Jepang diapusi…. (dibohongi). Dengan cara seperti inilah tentara kita mendapatkan senjata api. Ini yang terjadi di Klaten ya. Kalau di tempat lain saya tidak tahu.

Senyuman mengembang di wajah para hadirin ketika mendengar kisah ini. Begitu pun saya. Kisah ini sungguh tak pernah saya bayangkan sebelumnya. Karena setahu saya, lewat buku sejarah dahulu Jepanglah yang melatih tentara Indonesia. Dan saya pikir Jepang pula lah yang mempersenjatai tentara Indonesia.

Hikmah tirakatan malam ini: kisah nyata itu selalu menarik untuk disimak karena selalunya menampilkan fakta-fakta. Meski sederhana, ia nyata.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


%d bloggers like this: