Tentang menulis..

Apakah anda kesulitan untuk membuat sebuah tulisan? Sehingga, blog Anda stagnan. Atau, sebenarnya Anda punya tulisan hanya saja kurang lezat untuk dibaca. Kurang mengalir. Patah-patah. Dan, karenanya tulisan itu tidak pernah Anda posting ke blog.

Sebenarnya ada banyak cara untuk membuat tulisan. Salah satunya triknya adalah dengan tidak langsung menuliskannya.

Lho? Maksudnya bagaimana?

Jangan bingung dulu. Ini tentang sebuah langkah bantuan. Sebuah cara sederhana menangkap pikiran yang lalu lalang di kepala kita. Yaitu, dengan mengucapkan apa yang ada di pikiran kita. Saat itu juga, kita rekam. Nah, rekaman ini nantinya kita tulis. Kita bisa mengeditnya. Menambah. Atau, mengurangi. Sesuai dengan kebutuhan. Sederhana bukan?!

Alatnya bagimana? Tidak harus yang mahal. Kita bisa mempergunakan alat yang ada di sekiar kita. Misalkan, handphone yang sering kita bawa kemana-mana. Tentunya handphone yang mempunyai fasilitas perekam. Atau, bisa juga tape recorder.

Mulailah dari sesuatu yang menurut Anda menyenangkan. Bisa juga, ide yang terlintas di kepala Anda suatu saat. Salah satu contohnya adalah apa yang saya tulis ini. Ini adalah tulisan yang berawal dari sebuah rekaman.

Prinsip dari tips ini adalah menuangkan pikiran dulu, edit kemudian. Jika sudah mahir, Anda tidak perlu merekam lagi. Sebab, ini adalah sebuah latihan.

Silakan dicoba. Semoga bermanfaat..

😉

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


%d bloggers like this: