5 Alasan yang Membuat Video Klip Ini Jadi Luar Biasa

Sudah pernah lihat video klip Indah Dewi Pertiwi yang judulnya Hipnotis?

Yang versi terbaru loh..?? Atau, meluncur ke blog-nya Indah Dewi Pertiwi aja..

Video klip-nya unik kan? Keren-lah.. Bener kan.. Saya ga bohong. Menurut Saya, setidaknya ada 5 alasan yang membuat video klip ini jadi luar biasa. Apa itu? Ini dia:

1. Konsep Video Klip

Harus diakui bahwa saya adalah orang yang jarang melihat video klip sebuah lagu dari awal sampe habis. Tapi, bukan tanpa alasan. Biasanya, sebuah video klip dibuat dengan ‘ala-kadar’-nya. Menggambarkan kisah dibalik terciptanya sebuah lagu. Atau, kisah yang merupakan gambaran dari lagu itu sendiri. Kalo lagu cinta, ya ada orang pacarannya. Kalo lagu sedih ya ada orang berpakaian hitam sedang berada di sebelah kuburan. Begitulah, mudah ditebak. Sehingga tanpa melihat sampai selesai pun saya sudah tahu kira-kira seperti apa.

Nah, di video klip hipnotis ini, bener-bener unik. Salah satu keunikannya adalah konsep video klip ini dibuat seperti film berdurasi pendek. Meskipun, seolah tidak nyambung dengan lirik di lagunya. Justru, di sinilah letak keunggulannya. Skenario video klip mengambil tema utama lagu tersebut sebagai inspirasi.

Dengan kepandaiannya sutradara berhasil menghipnotis orang yang menontonnya. Penonton tidak hanya disuguhi penyanyi yang berlenggak-lenggok sambil membawakan lagunya. Tetapi banyak hal yang tak diduga sebelumnya. Hasilnya, penonton diam dan ‘mau’ menyaksikan video klip itu sampai selesai.

2. Animasi 3D

Harus diakui animasi 3D dalam video klip ini berperan penting dalam mendukung skenario yang dijalankan sutradara. Saya sebelumnya tidak menyangka kalau video klip ini akan digarap sedemikian rupa. Kita disuguhi animasi yang jarang ditemukan di video klip-video klip di Indonesia. Tentunya, ini menjadi sebuah terobosan yang patut diacungi jempol. Keren!

Ini dia salah satu contoh tampilan animasi 3D di video klip hipnotis.

YouTube - Indah Dewi Pertiwi - HIPNOTIS Full Version.flv snapshot 02.59 [2011.05.28 09.24

3. Koreografi

 

Dalam video klip ini, Indah Dewi Pertiwi ditemani banyak dancer. Koreografi yang mereka tampilkan cukup apik dalam mendukung si artis. Tidak kurang dan tidak terlalu berlebihan. Hal ini juga menjadi hiburan tersendiri. Video klip ini jadi berasa “luar negeri”.

4. Biaya

Dari berita yang saya baca, pembuatan video klip ini membutuhkan biaya yang tidak sedikit. 1 milliar lebih. Sungguh, sebuah angka yang fantastis untuk pembuatan sebuah video klip. Mengingat, saya pernah membaca juga ada seorang artis yang hanya mengeluarkan 7 jutaan untuk membuat 3 (tiga) video klip.

Mencari sensasi? Saya pikir tidak. Coba lihat video klip-nya. Ada banyak hal yang membuat video klip ini jadi mahal. Mulai dari menyewa helikopter, kapal dan mendatangkan artis luar negeri. Belum lagi, syuting video klip ini dilakukan dibeberapa tempat di Indonesia. Seperti, Air terjun Sendang Gile (Lombok), Tanjung Aan (Lombok), Taman Mini Indonesia Indah dan Teluk Jakarta. Selain itu, ternyata dalam video klip ini banyak juga musisi yang terlibat untuk penggarapan musiknya.

Memang 1 milliar bukan jumlah yang sedikit. Tapi, kalau melihat hasilnya saya pikir wajar.

5. Misi

Video klip ini bukan sembarang video klip. Tempat syuting pun dipilih di daerah pariwisata. Dan, satu hal yang menurut saya cukup mengherankan adalah adanya rekaman kejadian perang Ambarawa tahun 1945 yang telah dimodifikasi. Bukan melawan tentara Belanda, tetapi melawan alien berupa robot seperti yang ada di film Transformer.

Lalu, apa kira-kira maksudnya? Sepertinya, selain untuk promo album, video ini juga ingin ikut membantu mempromosikan pariwisata di Indonesia. Dan, seolah ingin mengatakan, “Mendapatkan semua ini perlu pejuangan yang berat, mari kita jaga bersama.”

Kesimpulannya, video klip ini keren. Penggarapannya pun sangat serius. Memang syutingnya hanya 11 hari, tetapi penggarapan animasi 3D-nya memakan waktu hampir 1 tahun. Dan, kerja keras mereka tidak sia-sia. Sangat menghibur. Tetapi, sehebat apapun video klip ini masih mempunyai kelemahan.Menurut saya, karena sarat dengan gagasan yang disampaikan, video klip ini cukup “berat” untuk sekadar dinikmati.

Advertisements

Tags:

4 Responses to “5 Alasan yang Membuat Video Klip Ini Jadi Luar Biasa”

  1. Kangjack Says:

    lam kenal bro.

    kangjack.heck.in

  2. sulaimann Says:

    Salam kenal juga, kang! 🙂

  3. funnie Says:

    ikutan juga ya…
    salam kenal..:D
    moga sukses ya.. 😀

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


%d bloggers like this: