Sanjay ‘Dut’

Tetangga yang baik adalah rizqi tersendiri. Karena tetangga adalah saudara, yang jikalau kita memerlukan bantuan ia akan membantu. Saat kita bersedih ia akan menghibur. Dan, di saat kita bahagia ia akan mengucapkan selamat atas kebahagiaan yang kita terima. Sungguh, tetangga adalah aset yang luar biasa.

Manusia itu punya karakter yang berbeda satu dengan yang lain. Ada yang pemarah. Pendiam. Penjilat. “Penyambung lidah”. Ada juga yang grapyak (baik hati dan suka menyapa). Namun, ada juga tetangga yang sering bikin gemes dengan polah tingkahnya. Kelebihan dan kekurangan menyertai mereka dalam berinteraksi.

Adalah Yanto, tetangga kawan saya. Orangnya sedikit cuek dan pede abis.. Pria yang usianya hampir 30 itu termasuk salah satu manusia istimewa di Indonesia (halah!). Iya. Saya serius. Hal yang membuatnya istimewa adalah kejenakaan sikapnya.

Suatu sore, kawan saya baru saja bangun dari tidurnya. Separuh sadar, ia memaksakan diri berjalan ke teras rumah. Melihat langit, mempraktekkan ilmu yang ia pelajari semasa sekolah. Ia mencari tahu apakah sore ini akan hujan. Maka dari itu ia melihat ke langit.

“Hoaaaheemmmmm…..mm!!”

Betapa terkejut ia manakala mendapati Yanto sedang berjalan santai di depan rumahnya. Tanpa ekspresi. Kaku. Dan, seperti biasa cuek.

Merasa dicuekin teman saya pun membalas: cuek juga. Lalu, menggaruk kepala. Padahal tidak gatal.

Tak berapa lama berselang suara nyaring terdengar. “Dut…!” (kentut)

Mendengar suara yang tidak asing itu kawan saya menoleh. Mencari tahu sumber bunyi. Dan, ia mendapati Yanto sebagai satu-satunya terduga teror sore itu. Sebab tidak ada makhluk lain yang mempunyai keahlian bersuara seperti itu kecuali mereka berdua.

Eh… bukannya mengakui, si Yanto justru melakukan kamuflase.

“Ngapain kamu menoleh? Memangnya nama kamu ‘Dut’?! “

Kawan saya yang semula berniat untuk menegur akhirnya memilih untuk mengalah. Ditampakannya senyum kecut. Seolah ingin berkata, “jika saya menyahut berarti saya adalah ‘Dut’. Ah, dasar Yanto! Gile loe…”

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


%d bloggers like this: