Bahasa Inggris

Kapankah Anda mengenal bahasa Inggris?

Kapan Anda berhasil menguasai bahasa Inggris?

Apakah Anda punya kunci Inggris di rumah? Eh, maap yang ini tidak ada hubungannya dengan pertanyaan sebelumnya. πŸ™‚

Sebenarnya, saya hanya ingin bercerita tentang pengalaman saya menimba ilmu bahasa Inggris. Tapi, sebelumnya saya ingin bertanya kepada Anda: Apakah Anda pernah mencicipi garam Inggris [halah!] Nggak penting! πŸ˜€

OK. Cerita mulai…

Saya mengenal bahasa Inggris ketika kelas 1 SMP. Itu pun, saya belum bisa menerima seutuhnya kehadiran bahasa Inggris dalam kehidupan saya. Bahasa Inggris itu bahasa alien. Begitu kira-kira pikiran saya waktu itu. Pokoknya aneh dan ra mudengke [membingungkan].

Ketika pertama mendapat pelajaran bahasa Inggris, saya hanya diam. Karena belum faham maka saya selalu memperhatikan. Memperhatikan pelajarannya? Salah. Saya memperhatikan gurunya. Namanya ibu Ida. Eh, bener ngga ya?! Bener deh kayaknya. Iya, bener. Ibu Ida. Ibu guru muda yang cantik dan luar biasa. Saya benar-benar kagum dengan beliau. Bahasa Inggrisnya itu lho, pinter banget. Ya iyalah.. guru bahasa Inggris gitu loh.. πŸ™‚

Sampai caturwulan pertama berakhir, saya belum bisa menguasai bahasa Inggris. Payah! 😦 Tapi mendinglah.. udah mulai familiar ngedengerin vocab-vocab Inggris githu.. Jadi, sudah punya modal buat speak in english. Not bad-lah. Lumayan.. *logat cinta laura*

Hal yang paling saya ingat saat belajar bahasa Inggris adalah ketika testing. Tes caturwulan. Di salah satu pertanyaan ada sebuah deskripsi binatang [ini saya ketahui setelah saya sedikit lebih faham bahasa Inggris]. Kemudian, siswa diminta untuk menuliskan nama binatang itu di lembar jawaban. Dulu itu, gimana ya deskripsinya? Kalo tidak salah begini,

It is kind of animal. It is grey. It is big. It is have a long nose. And, eat grass. What it is?

Saya waktu itu bener-bener ngga mudeng . Blank. Apa maksud pertanyaan ini? Apa yang ditanyakan?

Beruntung, waktu itu saya duduk bersebelahan dengan siswa kelas II [Kalo sekarang kelas 8]. Sebut saja Kumbang. [Kok, kesannya jadi kayak berita kriminal ya? Gapapa lah…] Saya segera melakukan diplomasi tingkat tinggi. Dengan wajah memelas dan tampang pasrah saya memberanikan diri untuk meminta bantuan. Dan, berhasil. Dia mau membantu. Cihuii… Sip! πŸ˜‰

Kertas soal saya geser bagian bawahnya sehingga Kumbang bisa membaca pertanyaannya. Dia manggut-manggut. Saya senang. Saya yakin dia tahu jawabannya. Saat jawaban itu hendak disampaikan, mendadak guru yang berjaga mendekat ke meja kami. Lalu, kami mematung. Saya menggerutu: Please deh Pak, go to hell aja! Eh, bukan. Maksud saya, ayolah Pak, jangan berdiri di sini dong…

Beberapa menit kemudian, guru penjaga bergerak menjauh. Kumbang segera menyampaikan secara lisan. Itupun dengan mulut yang tertutup jemari tangan agar tidak ketahuan. Maklum, meja kami berada paling depan. Jadi, kalo berbuat curang kudu kreatif. Catat!

Samar-samar suaranya saya tangkap. Cenderung tidak jelas. Mungkin, karena saya tidak memakai antenna eksternal. Eh, ngga ding. Memangnya saya henpon. Waktu itu suasana begitu senyap. Kami khawatir suara bisikan itu terdengar orang lain. Khususnya guru penjaga. Tapi karena volume suara lumayan pelan dan daya listening saya cukup buruk [waktu itu] maka jadi tidak jelas. Kumbang mengulangi lagi. Tapi, tetep saja sama: nggak jelas. Saya mikir, ini suara Kumbang yang ngga jelas atau saya yang mengalami ke-budek-an dini ya?! Saya mendengar dia mengucapkan,

[berbisik] KACA.

Saya mencoba meyakinkan diri saya dengan bertanya sekali lagi,

[berbisik juga] Hah, apa?!

Kumbang pun mengulanginya. Dipenggal pula,

[tetep berbisik]KACA. KA… CA…

Ohh.. berarti sudah bener. Tapi, kok hati saya ragu. Maka saya baca ulang pertanyaanya,

It is kind of animal. It is grey. It is big. It is have a long nose. And, eat grass. What it is?

Animal itu kan artinya hewan. Kok, KACA. Saya ragu. Tapi, saya tulis dilembar jawaban: K A C A. Dan, saya baru menyadari kebodohan saya ini ketika ada pembahasan soal. Ternyata, waktu itu Kumbang mengatakan G A J A H bukan K A C A . Duh…

Jujur, kalo ingat kisah ini saya malu. Tapi, karena saya baik hati. Saya share kisah ini di sini biar teman-teman bisa mengambil pelajaran. Bahwa, pendengaran yang baik itu diperlukan saat menjalani tes. Eh, bukan. Maksud saya, percaya pada diri sendiri itu penting..

9 Responses to “Bahasa Inggris”

  1. arifromdhoni Says:

    Hm, sepertinya pertanyaannya salah, mas πŸ™‚

    It is kind of animal. It is grey. It is big. It is have a long nose. And, eat grass. What it is?

    Kalau dari google translate seperti ini:
    There is a kind of animal. It is gray. It’s big. It has a long nose. And it ate grass. What is it?

    Hehe, kenapa tidak ditulis di kertas soal atau kertas jawabannya saja? *loh?* Mencontek itu tidak benar, mas. Dan lebih menyesal lagi kalau sebenarnya sudah terpikir jawaban yang benar tapi menjadi salah gara-gara mengikuti jawaban orang lain. πŸ˜€

    Jadi, kapan antum mengenal bahasa Arab? πŸ˜€

  2. kaca Says:

    Makanya belajar, jangan merhatiin bu guru yang cantik.

    Btw, bgr/ksr?

    • sulaimann Says:

      Itu kan dulu.. Setelah kejadian itu saya belajar. Tekun. Dan, satu lagi, saya kagum pada bu Guru bukan karena kecantikannya lho..

      Ibu guru muda yang cantik dan luar biasa. Saya benar-benar kagum dengan beliau. Bahasa Inggrisnya itu lho, pinter banget.

      πŸ˜€

      • kaca Says:

        bukan sekadar cantik dan luar biasa, juga pinter bahasa inggris. maksudnya gitu kan, Aa’?

      • sulaimann Says:

        Dia cantik.
        Dia luar biasa.
        Tapi, yang membuat kagum adalah kemampuan bahasa Inggris-nya.

        Pernyataan 1, benar.
        Pernyataan 2, benar.
        Tapi, tidak terdapat hubungan sebab akibat dengan apa yang dibahas: bahasa Inggris

        πŸ˜€

  3. eui Says:

    tipis?

Leave a Reply

