Ketahuan…

Malem ini ibu saya menonton acara di televisi. Gaduh sekali. Ternyata, sebuah acara kuis yang menawarkan hadiah yang luar biasa besar bagi para pesertanya. Tidak harus cerdas untuk bisa maju terpilih menjadi peserta di acara kuis ini. Cukup tampil dengan dandanan yang unik.

Tadinya, saya tidak begitu tertarik. Tetapi, karena volume suara televisi terdengar cukup kencang dari kamar saya, akhirnya saya pun jadi penasaran.

Dalam kuis itu ada kira-kira 100 peserta. Kemudian 4 orang dari mereka dipilih untuk maju memperebutkan hadiah-hadiah. Mulai dari yang nilai hadiahnya dinampakkan sampai yang ditutupi. Sesuatu, yang menurut saya aneh, terjadi. Seorang peserta rela menukar uang beberapa juta yang sudah berada di genggaman tangannya dengan hadiah yang berada di dalam tempat tertutup yang belum jelas nilainya. Tentu harapannya, hadiah yang berada di tempat tertutup itu lebih besar dari uang yang ada di genggaman. Sang pembawa acara cukup pandai “menggoda” peserta untuk berani berjudi. Walhasil, ada yang beruntung mendapat hadiah lebih. Tapi, tidak sedikit pula yang harus menanggung kecewa tiada tara karena hadiah yang sedianya sudah di tangan melayang dan mendapatkan hadiah yang berada di tempat tertutup yang ternyata adalah sampah yang tidak bernilai.

Jadi ketahuan, tabiat asli manusia. Ia tidak akan pernah merasa puas dengan harta yang sudah diperoleh. Ia berharap -dan terus berharap- memiliki harta sebanyak-banyaknya. Maka, benarlah sabda Nabi Muhammad shallallahu ‘alaihi wa sallam,

لوكان لإبن أدم واد من مال لابتغى اليه ثانيا ولو كان له واديان لابتغى لهما ثالثا ولايملأ جوف ابن أدم الا الترب ويتوب الله من تاب

“Andaikata anak Adam memiliki satu lembah berisi harta pasti dia berharap untuk mendapatkan lembah yang kedua. Dan, seandainya ia telah memiliki dua lembah berisi harta, pastilah dia berharap lembah yang ke tiga. Tidak ada yang dapat memenuhi keinginan perut anak Adam kecuali tanah (mati dikubur). Allah menerima taubat setiap orang yang bertaubat kepada-Nya”. (HR: Ahmad, Bukhari, Muslim dan Tirmizi)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


%d bloggers like this: