Novel…

Bagi Anda yang suka membaca novel tapi sudah bosan dengan novel-novel yang ada, novel samurai dari negeri tetangga bisa jadi alternatif. Seperti yang ini contohnya:

Ini saya kutipkan sedikit,

(prolog ini dari saya) Tuan Gorou sedang bercakap-cakap dengan muridnya di sebuah taman ketika mereka sedang hendak berlatih. Sang pelatih (Tuan Gorou) menanyai muridnya yang kehilangan konsentrasi karena melihat bunga sakura yang berjatuhan.

“Hanmaru, coba katakan apa yang ada di benakmu tadi.” Kata Tuan Gorou kemudian setelah menyimpan pedang dan memperhatikan warna-warna cerah yang mengelilinginya. “Apa yang sebenarnya kau pikirkan sewaktu memandangi hamparan bunga itu?”

“Saya memikirkan masa depan saya.” Jawab Hanmaru, kembali menatap sedih bunga-bunga yang masih berguguran.

Hanmaru berlutut memungut satu Kelopak bunga, lalu memegangnya di depan mata. “Saya takut kalau-kalau saya nanti menjadi seperti bunga-bunga– ini begitu rapuh dan lemah …. Begitu mudah gugur oleh ssedikit terpaan angin..”

“Kau tak ingin menjadi seperti bunga-bunga itu?”

“Tentu saja.”

“Tapi itu mustahil, Hanmaru. Bagaimanapun kau berusaha menolaknya, manusia dan bunga itu serupa; takdir telah menentukan bahwa manusia juga pasti akan mati, seperti bunga-bunga itu.”

“Itu memang benar, tapi ada perbedaannya, yaitu cara kita menemui kematian.”

Bunga-bunga itu gugur bukan karena rapuh atau pun lemah, melainkan karena mereka telah selesai melakukan apa yang harus mereka lakukan. Lihatlah! Mereka gugur dengan cara yang paling indah! Itu karena tak ada penyesalan yang mereka rasakan. Begitu pula dengan kita, Hanmaru—bila mati setelah menyelesaikan apa yang harus kita lakukan, mengapa perlu menyesal?”

Ada yang komentar bahwa novel ini cukup lain dengan yang pernah ada. Ending-nya di luar dugaan. Penasaran?! Informasi lebih lanjut tentang novel ini silakan klik di sini.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


%d bloggers like this: