Jum’atan..

Apakah tadi Anda tertidur saat khotbah jum’at berlangsung?

Bukan suatu hal yang aneh apabila hari ini kita mendapati seseorang yang tertidur ketika khotbah jum’at berlangsung. Mungkin, beberapa waktu sebelumnya dia melakukan aktifitas yang cukup menguras tenaga sehingga ketika hadir di masjid mengikuti khotbah jum’at jadi mengantuk. Kemudian, tertidur.

Namun, bisa jadi, ada hal lain yang membuat seseorang jadi mengantuk, yang berasal dari luar dirinya. Yakni, sang khotib dalam menyampaikan khotbah bersuara yang datar atau cenderung lembut. Suaranya terdengar seperti orang yang sedang mendongeng. Jamaah yang sedianya tidak mengantuk jadi terbuai. Dan tanpa disadari, perlahan-lahan mulai kepalanya menunduk. Tertidur. Apalagi, jika khotbah disampaikan dalam waktu yang cukup lama (lebih dari 20 menit).

Jika kedua hal diatas bertemu dalam sebuah kesempatan, sempurnalah sudah sebuah alasan untuk tidur saat khotbah jum’at berlangsung. 😀

Persiapan, mutlak diperlukan agar tidak tertidur saat khotbah berlangsung. Dan, ada baiknya khotib berkhotbah sebagaimana Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam ketika berkhotbah:

Adalah Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam apabila berkhutbah, merah kedua matanya, suaranya lantang, dan terlihat sangat marah, bagaikan komando pasukan perang.” (Riwayat Muslim 867, dari Jabir bin ‘Abdullah radhiyallahu ‘anhu).

Berkata Imam Nawawi Rahimahullah; “Hadits ini menunjukkan sunnahnya mengeraskan suara khutbah dan memperjelas perkataan dalam menyampaikan perintah dan larangan ketika berkhutbah. Dan maksud dari marahnya Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam, yaitu ketika mengingatkan masalah-masalah besar dan ancaman.” (Syarh Shahih Muslim 6/466).

Wallahu a’lam.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


%d bloggers like this: