Sepakbola..

Pagi ini saya akan membahas sepak bola. Ya, sepak bola. Lebih spesifik lagi sepak bola Indonesia. Sebuah tontonan yang akhir-akhir ini sering muncul di televisi pada sore hari.

Saya suka sepak bola. Itu-lah mengapa pagi ini saya menulisnya. Boleh-lah kalo dibilang saya ini pengamat sepak bola Indonesia. Maksudnya, saya mengamatinya di siaran televisi alias penonton. Ada yang unik dari pertandingan-pertandingan sepak bola ala Indonesia. Menyuguhkan permainan yang cantik, cerdik dan enak ditonton seolah-olah bukanlah sesuatu yang penting. Yang utama, adu jotos. Saling jegal. Saling sikut. Intinya: kasar. Tentang menang dan kalah, itu nasib.

Betapa sering saya mendengar dari komentator bahwa permainan sepak bola memang permainan yang keras. Tapi ke-keras-an (baca: kasar, kekasaran) ini tidak saya dapati ketika saya menonton permainan negeri seberang jauh. Mereka menampilkan permainan yang enak ditonton. Pemainnya tidak egois. Rasanya mereka tahu betul bahwa tujuan mereka berada di lapangan tidak semata-mata untuk merebut bola kemudian melesakkannya ke gawang lawan. Mereka sadar bahwa mereka ditonton. Memang, kadang-kadang mereka berjibaku dalam berebut bola. Sampai berdarah-darah bahkan. Tapi, kesan kasar itu tidak nampak. Nah lho?!

Sebagai seorang pengamat (hihihii… maksa!) saya mencoba menyampaikan analisa ini ke bapak saya yang juga seorang pemerhati sepak bola. Kenapa ya permainan sepak bola Indonesia kok cenderung kasar? Ternyata bapak punya cerita yang mengejutkan:

“Dulu itu, bapak sampe takut kalo nonton pertandingan sepak bola. Sangat kasar. Pemainnya pingsan itu hal yang biasa.”

Hah! Saya terdiam mendapati jawaban bapak. Terbayang oleh saya bagaimana cara bermain sepak bola jaman dulu. Dalam imajinasi saya, saya melihat seorang pemain sepak bola membawa pentungan di tangan kanan dan rantai besi di tangan kiri. Sorot mata tajam. Wajahnya kaku seakan berkata: awas kau! Cara bermainnya… mungkin seperti orang berebut sembako. Dorong-sikut-tarik. Kalo perlu, injak. Hhuufhhh..

Saya belum pernah mendapatkan penjelasan mengenai gaya permainan unik sepak bola Indonesia ini. Saya hanya menebak, mungkin, gaya permainan sepak bola kita adalah warisan luhur yang harus terus dijaga kelestariannya.

Mungkin…  :)

9 Responses to “Sepakbola..”

  1. rin suka ragi Says:

    diajarin shaolin soccer aja, kak.

  2. asa Says:

    @rin suka ragi nama yang lucu
    kenapa sukanya sama ragi? tidak yang lainnya?
    bukankah banyak makanan lain yang lebih membuat perut keroncongan?😀 salam kenal

    @sulaiman
    yang pasti sepak bola itu permainan yang biasa saja…hehe…afwan kalao ente termasuk penganut mahdzab bola😀

  3. rin suka ragi Says:

    @ asa
    salam kenal kembali, yu asa🙂
    btw, yg termasuk permainan luar biasa itu apa, yu?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


%d bloggers like this: