Mood

Kemarin saya menemukan buku tulisan Dale Carnegie yang saya beli 2 bulan yang lalu. (Buku terjemahan sich! :D). Buku yang lumayan tebal. Saya tidak mengecek berapa pastinya tebal buku itu. Mungkin kisaran 400-an halaman. (Tadinya, saya tulis 200-an halaman. setalah saya cek ternyata 400-an halaman). Saya tidak tahu, berapa waktu yang saya perlukan untuk membacanya secara tuntas. Itu hanya untuk membacanya. Sempat terlintas di benak saya, si penulis perlu waktu berapa lama ya untuk menulisnya? Sebenarnya bukan apa-apa sih, tapi sebagai orang yang suka menulis dan berbagi, hal itu penting buat saya. Menjaga semangat menulisnya itu lho..

Suatu hari saya pernah bercita-cita, kalo nanti ada waktu libur saya akan menulis sesuatu. Dan, ketika bener-bener libur saya mulai menulis sesuatu. Tapi saya malah tidak sempat merampungkannya. Saya kehilangan gairah untuk menulis. Dan saya tidak tahu kenapa bisa begitu. Bahkan untuk menyelesaikan tulisan saya klik yang ini pun saya belum ‘sempat’. 😀

Beberapa penulis yang pernah saya temui memberi jawaban yang berbeda-beda ketika saya menanyakan tentang menjaga semangat menulis: Apakah menulis perlu mood? Ada yang mengatakan, YA. Jadi kalo lagi tidak mood menulis sebaiknya jangan menulis. Tunggu aja! Tapi, ada juga yang mengatakan TIDAK. Menulis tetap harus jalan terus. Karena sebenarnya mood itu bisa diciptakan. Nah, saya jadi bingung sendiri. Kalo saya, selama ini masih menulis berdasarkan mood.

Kapan ya saya bisa memaksa diri saya untuk menulis tanpa bergantung mood? Apa perlu tanda tangan kontrak dengan penerbit dulu untuk bisa menulis tanpa mood? Atau, sebaiknya saya ikut kelas kursus mengendalikan mood?! (sudah ada belum ya? :D)

Anda bisa bantu saya?

Leave a Reply

