upgrade pidgin 2.5.8.

Beberapa hari kemarin saya ga bisa online. Pidgin yang saya gunakan kadaluwarsa. Karena itu, ketika Yahoo mengadakan perbaikan, pidgin yang saya gunakan tidak bisa bekerja sebagaimana biasanya. Padahal sudah saya upgrade ke 2.5.7. Seorang kawan mendapati hal yang sama. Tetapi masalah itu segera teratasi setelah meng-upgrade pidgin ke versi 2.5.8. Saya pun mencoba.

Laptop udah konek ke internet, klak-klik sana sini tapi udgrade belum juga berhasil. Setelah berkali-kali mencoba dan gagal maka saya putuskan untuk bertanya kepada kawan saya tadi. “Bro, carane ngapdet pidgin kepiye?” Dari speaker telpon terdengar jawaban yang membuat saya agak kecewa. Kecewa bukan karena jawabannya tetapi karena doi ternyata pake windows, sedang saya pake Ubuntu. “Download ae file-e. Trus install. Gampang kok soale aku kan nganggo Windows.” Setelah sedikit agak memaksa akhirnya doi ngasih link upgrade pidgin. Masalahnya, ternyata pidgin saya tetep belum bisa diupgrade. Padahal file tar.bz2 udah didownload. Eh, ketika di install dengan lewat “terminal” ada masalah. Perlu file Glib 2.0. lah… Perlu gtk+ 2.0. lah.. Wah, pusing..

Tidak begitu lama berselang saya memutuskan untuk meng-uninstall saja pidgin saya. Karena saya sudah mencoba untuk mengutak-atik ternyata hasilnya nihil. Ya sudah, selamat tinggal..

Maksud hati hendak menghapus pidgin, ternyata Allah berkehendak lain. Ketika saya masuk ke synaptic package manager kemudian saya cari program pidgin dan hendak me-remove, justru di situ ada pilihan mark for upgrade. Saya pilih. Kemudian muncul keterangan, trus saya klik OK. Setelah saya klik Apply, upgrade berjalan. Alhamdulillah, akhirnya bisa online pake pidgin lagi.

Jadi, langkah singkat buat apdet pidgin ke versi terbaru: System > Administration > Synaptic Package Manager > (isikan pada kolom Quick Search dengan “pidgin” > klik pada kotak warna hijau dibawah huruf ‘S’> pilih mark for upgrade > Apply. Di laptop saya berhasil. Mudah-mudahan dikomputer Anda berhasil juga. Ini dia screenshot-nya.

Screenshot

6 Responses to “upgrade pidgin 2.5.8.”

  1. ensiklomedi Says:

    makan-makan!

    kolak blewah juga boleh 🙂

  2. sulaimann Says:

    @ ensiklomedi
    Boleh. Boleh. Boleh…
    Kok kolak Blewah?! Gedang ae golek-e gampang. 😀

  3. ensiklomedi Says:

    es pisang ijo yo ra po po.

    ono teh jahe terus 😀

  4. sulaimann Says:

    @ ensiklomedi
    Di tempat yang biasanya?! Mana ada? Paling2juga yang ada pisang goreng. Tapi, ini kan malem Ahad, Bro. 😀

  5. arifromdhoni Says:

    ubuntu apa? dulu sempet upgrade yg di ubuntu intrepid tapi masalah (ga bisa refresh status). akhirnya pke yg lama dan server yahoo nya dilempar ke cn.scs.yahoo.com. sekarang pke jaunty juga masih spt itu (belum upgrade), hehe 🙂

  6. sulaimann Says:

    @ arifromdhoni
    Jaunty Jackalope. Sebelumnya juga ane ubah begitu. Tapi ternyata kadang konek. Kadang tidak. Daripada jadi masalah upgrade aja…
    😉

Leave a Reply

