CEO

Pagi ini saya sempatkan untuk membaca beberapa e-book yang saya download kemarin. Ada banyak pelajaran menarik yang saya dapat. Salah satunya tentang leadership. Lebih fokus lagi tentang pengelolaan SDM. Berhubung saya ini juga menjadi pemimpin -meski awalnya “dipaksa”- dari sebuah learning organization (begitu saya menyebut organisasi saya dan teman-teman), maka tulisan ini menjadi sangat penting bagi saya. Begini kutipannya:

Faktanya, berdasar riset yang dilakukan oleh majalah Fortune, rata- rata waktu yang dilalokasikan oleh para CEO perusahaan kelas dunia untuk proses pengembangan SDM adalah 50 % — sebuah angka yang amat signifikan mengingat kesibukan seorang CEO. Dulu, ketika Jack Welch masih menjadi CEO General Electric, ia mengalokasikan 60 % waktunya untuk mengelola manusia. Ia bilang, urusan pengembangan SDM terlalu penting untuk diserahkan pada orang lain. Dengan kata lain, ia ingin mengatakan urusan SDM harus langsung ditangani oleh sang CEO seperti dirinya. Tidak oleh orang lain.

The world’s best companies realize that no matter what business they’re in, their real business is building leaders.

Ya benar, kalimat penuh makna itulah yang disuarakan oleh para CEO atau Presiden Direktur dari perusahaan-perusahaan kelas dunia. Mereka sejatinya ingin mengatakan, mengembangkan dan mengelola future leaders/managers adalah tugas utama yang harus mereka lakukan – lebih dari tugas-tugas lainnya. Dengan kata lain, tugas pokok seorang CEO pertama-tama bukanlah mengurus bisnis, namun mengurus orang. Pendeknya, tugas pertama yang maha penting bagi setiap CEO yang ingin berhasil adalah ini : develop future leaders/managers.

Hmm… saya seperti mendapat jawaban atas permasalahan-permasalahan yang selama ini saya hadapi. Luar biasa. Meski organisasi saya dan teman-teman bukan sebuah perusahaan, dan saya bukanlah seorang CEO tetapi pemikiran ini sangat bermanfaat. Mudah-mudahan suatu saat nanti saya bisa menjadi seorang CEO, bos, dirut atau apalah namanya. (Doain yach.. Amin.) Pelajaran lain yang saya dapat pagi ini, jangan lupa cek batere laptop anda saat anda menulis agar tulisan yang belum disimpan tidak hilang. (wahh.. ga nyambung nih..!)

2 Responses to “CEO”

  1. ensiklomedi Says:

    Ada yang perlu CEO neh!

    Mana CV kamu?:-)

  2. sulaimann Says:

    @ ensiklomedi
    Hah..! Yang bener?!

    Kapan yach…
    😀

Leave a Reply

