Perencanaan Vs Pelaksanaan

Ada perkataan orang bijak, barang siapa gagal dalam merencanakan maka sebenarnya dia sedang mempersiapkan kegagalan. Saya ga langsung paham ketika pertama kali mendengar kata-kata ini. Maklum, belum masih proses belajar.

Kemarin waktu ada seorang teman yang mengulang perkataan itu. Jadi inget. Bedanya, kali ini saya bisa memahami. Beberapa kali saya baca buku, hal itu masih menjadi topik yang diulang-ulang. Ternyata perencanaan adalah langkah awal bagi setiap orang yang sadar pada apa yang akan ia lakukan.

Tak berhenti di situ, ternyata untuk melaksanakan rencana yang berhasil kita susun bukanlah hal yang mudah. Hal ini jauh lebih sulit dari langkah yang pertama. Belum lagi, kalau ada orang yang dulu sepakat dan mendukung rencana kita, tiba-tiba berpikiran negatif kemudian menakut-nakuti kita dengan pikiran-pikirannya. Meskipun, apa yang disampaikannya adalah hal yang belum pasti terjadi.

Situasi ini ibarat ujian kepemimpinan bagi seseorang. Jika ia bisa membawa orang-orangnya berjalan sesuai rencana maka ia telah lulus ujian ini. Jika ternyata ia tidak bisa, maka mengakui kelemahannya itu adalah lebih baik baginya.

Ini pendapat saya, bisa jadi benar, bisa jadi salah.

2 Responses to “Perencanaan Vs Pelaksanaan”

  1. pakHarie Says:

    Ada benarnya juga…

  2. ensiklomedi Says:

    Yup. Sepakat.
    Saling mendukung, tidak membuat ragu.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


%d bloggers like this: