Promosi gaya baru

Ini kejadian nyata. Saya menjumpai sebuah proses promosi yang tergolong cukup ekstrim. Saya tulis ekstrim karena memang gaya promosi yang dilakukan orang ini memang benar-benar diluar kewajaran.

Adalah seorang tukang bakso yang rumahnya tidak jauh dari rumah mertua kakaknya teman saya (Anda faham kan?! he…). Ia berjualan setiap hari dengan menggunakan gerobak bakso. Gerobak itu didorongnya sesuai rute yang telah ia tentukan tiap harinya.

Ting..! ting..! ting..! suara mangkok yang dipukul itu terdengar nyaring. Si bapak sangat fasih mendorong gerobak sembari memukul-mukul mangkok yang memang telah ia siapkan. Sesekali ia tersenyum kepada orang yang ia temui di jalan. Memang, rutenya yang ia pilih mengharuskan ia bertemu dengan banyak orang. Namanya juga jualan, mesti gitu kan? Hal seperti itu sudah ia lazimi setiap hari.

Lha, terus dimana ekstrimnya? Nah, ini yang akan saya ceritakan. Si bapak ini kalau dagangannya laku, cara promosi-nya ordinary yakni dengan memukul mangkok-nya. Ting..! ting..! ting..! Tetapi, kalau dagangan si bapak ini kurang laku, maka gaya promosinya berubah 180 derajat. Ia tidak lagi memukul mangkok, tetapi memukul-mukul badan gerobaknya. Sehingga yang terdengar bukan ting..! ting..! ting..! melainkan gedubrak! gedubrak! gedubrak!. Kemudian, si bapak ini juga meneriakkan ‘ancaman’ kepada orang-orang, seolah-olah ia sedang marah.

Pada mau beli bakso saya ga nih?! Kalau ga da yang mau, ya sudah, saya makan sendiri!

Kontan, orang2 yang tadinya cuek dengan keberadaan penjual bakso ini terkaget-kaget, lalu tersenyum. Sehingga, “tercapai”-lah tujuan promosi yang dilakukan si bapak itu; mendapat perhatian calon pembeli.

Anda mau beli?!

2 Responses to “Promosi gaya baru”

  1. Maghfur Amin Says:

    Hahaha… teknik promosi yang memang benar-benar ekstrim dan cerdas

  2. sulaimann Says:

    @ Maghfur Amin😀
    Begitulah…! Mungkin, ini termasuk ke dalam the power of kepepet. Kepepet karena kurang laku..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


%d bloggers like this: