“Korban Iklan”

Beberapa waktu yang lalu saya membaca ulasan sebuah majalah marketing tentang karakter konsumen di Indonesia. Salah satunya disebutkan bahwa karakter konsumen di Indonesia adalah mudah terpengaruh Iklan. Ternyata apa yang disampaikan di majalah itu tidak salah. Berikut, sebuah kisah tentang dahsyatnya iklan terhadap konsumen di Indonesia;

Sebut saja Budi (nama samaran) nama anak itu. Bocah berusia 10 tahun anak kelas 4 SD itu mempunyai hobi menerbangkan layang-layang di sore hari. Suatu sore datang seorang temannya Anto (nama samaran juga. he…) ke rumah Budi. Seperti biasa ia mengajak Budi untuk main layang-layang.

Sore itu cuaca cerah. Angin yang bertiup dengan sempurna menambah semangat mereka berdua untuk segera menerbangkan layang-layang mereka.

“Ayo Bud, cepetan!” Kata Anto.

“Iya. Bentarrr… aku ambil sendal dulu.”

“Eh, To, gimana klo kita minum K&^% B&^% (menyebut salah satu merek) dulu. Biar rosa. Gimana?” Lanjut budi.

“Ayuh! Di warung depan aja yach?” Jawab Anto semangat.

Rupanya percakapan mereka didengar oleh paman Budi yang kebetulan berada tidak jauh dari tempat mereka bercakap-cakap.

“Eh.. Eh.. Anak kecil pada mau beli K&^% B&^%. Mau buat apa?” Tanya paman Budi menyelidik.

“Anu Paklik. Kita mo maen layang-layang. Lha .. biar kuat kita minum K&^% B&^% dulu” Jawab Budi polos.

Melihat jawaban itu paman Budi tak bisa berkata-kata. O alah namanya juga anak-anak. Kirain mo macem-macem. Sang paman kemudian menasehati keponakannya. Dia menjelaskan panjang lebar bahwa minuman itu bukan untuk anak-anak.

Mendengar jawaban sang paman, Budi dan Anto tersipu malu. Kemudian nyeletuk, “Kan di iklannya gitu Lik. Rosa! Rosa!” Ketiganya terkekeh-kekeh.

Ini cerita dari teman saya. Barangkali di tempat lain ada juga yang jadi “korban iklan”? Atau, malah Anda yang jadi korban iklan?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


%d bloggers like this: